Skip to content

Keluarga

June 30, 2009

Konflik keluarga..
Konlik keluarga..
Konflik keluarga..

Seperti sebuah mantra

Bagi saya keluarga adalah suatu bentuk organisasi. Organisasi terkecil di ranah kehidupan masyarakat. Dengan adanya keluarga, maka manusia telah membentuk organisasi.

Organisasi memiliki tujuan bersama. Organisasi memiliki kepentingan bersama. Terdiri dari beberapa anggota. Dan bersama-sama pula untuk mewujudkannya.

Seorang kepala keluarga adalah pemimpin organisasi. Memiliki tanggung jawab atas keberhasilan tujuan keluarga tujuan bersama; anak-anak yang sukses dan mandiri, juga sandang, pangan, papan yang tercukupi.

Lantas bagaimana ceritanya, jika seorang kepala keluarga sibuk membeli kepentingan organisasi lainnya. -Entah itu organisasi yang berprofit/perusahaan/bisnis. Atau organisasi non profit seperti LSM, organisasi pergerakan dan sebagainya- Dan menelantarkan keluarga: Organisasi yang mutlak menjadi tanggung jawab utama seorang kepala keluarga.

Bagaimana? Bagaimana?

Ketika dia (kepala keluarga) sibuk berorasi untuk menuntut kesejahteraan masyarakat disekitarnya, masyarakat dikampungnya, setiap lapisan masyarakat yang ada di negaranya. Sedangkan dia lupa anaknya belum diberi susu hari ini. Belum diberi perhatian malam ini. Belum ditanyakan bagaimana cerita disekolahnya.

Untuk itulah, menurut saya. Seorang lelaki jantan dan machoman, harus terlebih dahulu mementingkan organisasi mungilnya itu. Keluarga. sebelum dia berkoar disana.

Karena atas nama kesejahteraan keluarga sendiri, maka kami mencari uang, maka kami dapat berkontribusi untuk orang lain.

Dengan pekerjaan yang kita lakukan. Sehingga mekanisme jalanya perputaran roda ekonomi nasional dapat terjadi.

Saya teringat kisah tentang Widji Thukul.  Yang dianggap memiliki suara. Menyuarakan kepentingan wong cilik dan sebagainya.

Dia menanggapinya dengan ucapan, “Saya sebenarnya tidak ada niat untuk membela siapa-siapa. Tujuan saya hanya untuk membela kesejahteraan saya, kesejahteraan anak, dan istri saya”

Aulia Fadil

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: