Skip to content

Gadis Kecil Berbaju Kuning dan Balon

June 19, 2009

..Sebuah cerita tentang kebebasan..

Seorang gadis kecil berbaju kuning dengan balon merah berisi gas hidrogen berlari-lari kecil ditengah padang rumput. Balon merah itu melirik ke arah gadis kecil.

“Aku ingin bebas,” keluhnya dalam hati yang berisi gas hidrogen.

Balon merah itu pun memberanikan diri untuk bertanya, “Hei gadis kecil, mengapa aku yang berisi gas selalu terikat?”.

Gadis kecil yang sedang berlari itu pun berhenti sejenak, menatap heran balon merah itu, lalu berpikir dan menjawab “Mungkin kamu akan terbang sampai luar angkasa bila kamu tidak terikat”

“Aku juga ingin bebas seperti kamu gadis kecil, bisa bermain-main sepanjang hari.”

“Oh, tapi kamu sangat lemah balon. Aku tidak bisa melihat sesuatu yang buruk terjadi padamu balon.”

“Sesuatu yang buruk seperti apa?”

Gadis kecil itu menarik balon merah itu dan berbisik kepadanya, “Di padang rumput ini banyak benda tajam yang bisa mencelakakan kamu. Lihat di sebelah sana. Ada kaktus yang berpori-pori lancip yang bisa memecahkanmu, di sebelah sana juga ada ratu lebah dan pasukannya yag selalu berpatroli membawa pedang yang dapat mematikanmu”

“Tapi aku ingin bebas, tak ada lagi yang aku inginkan selain itu, dan aku sangat berterima kasih jika kamu membebaskanku.”

Gadis kecil itu pun berpikir sejenak.

“Baiklah, aku memang tak berhak mengikatmu selamanya”

Gadis kecil itu melepaskan genggamannya, balon merah itu pun terlepas melayang makin tinggi. Hingga sekawanan gagak melewati dan menabraknya sampai balon merah itu meletus.

Gadis kecil berbaju kuning itu hanya terdiam dengan mata berkaca-kaca sembari menyaksikan temannya terjatuh perlahan-lahan.

(Fransiskus Adi Pramono)

No comments yet

Leave a Reply

